5 Tanaman Herbal Untuk Menyembuhkan Luka Kecelakaan

5 Tanaman Herbal Untuk Menyembuhkan Luka Kecelakaan

Luka kecil maupun besar dapat dialami semua makhluk dan tidak mengenal usia. Luka memiliki perawatan yang khusus agar cepat sembuh. Sebelum jaman berubah seperti sekarang, jaman dulu pengobatan luka cukupp dengan menggunakan berbagai tanaman herbal yang telah tersedia di alam.
Ayurveda adalah salah satu sistem pengobatan terorganisir herbal yang menggunakan berbagai macam tanaman herbal untuk obat dan banyak orang mengandalkan penyembuhan pada ayurveda untuk masalah kesehatan. Mari kita simak beberapa tanaman herbal yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka.

5 Tanaman Herbal Untuk Menyembuhkan Luka Kecelakaan

1. Lidah Buaya

Ekstrak dari tanaman ini memiliki kualitas yang sangat baik untuk menyembuhkan luka. Tanaman ini terbukti sangat baik dalam mengatasi kasus luka bakar, luka bakar matahari, goresan dan luka akibat kecelakaan. Lidah buaya dapat menghambat aktivitas inflamasi luka dan membantu menyembuhkan luka dengan cepat.
Bersihkan daerah luka dengan air dingin kemudian langsung tempelkan ekstrak atau irisan daun lidah buaya pada cedera. Jika Anda tidak memiliki tanaman lidah buaya di kebun Anda, maka Anda dapat membeli sebotol gel ini dari apotik.

2. Kunyit

Kunyit juga merupakan salah satu ramuan tradisional yang juga dikenal untuk menyembuhkan luka. Kunyit adalah anti-septik dan anti-inflamasi yang kuat. Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan kunyit jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah.
Senyawa kurkumin yang ditemukan dalam kunyit mendukung perbaikan luka karena memiliki sifat anti-bakteri, anti jamur dan anti-inflamasi. Siapkan pasta dengan mencampurkan sedikit air untuk bubuk kunyit kemudian terapkan di atas area yang terluka.

3. Marshmallow

Marshmallow adalah pengobatan luka yang sangat baik, karena dapat menghilangkan racun dan kotoran dari luka. Marshmallow membantu untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar, memar dan luka kecelakaan lain. Akarnya sangat berguna dalam mengatasi beberapa jenis tumor, luka, memar, luka bakar, luka kecelakaan dan juga sebagai pembersih racun dalam tubuh.
Marshmallow bekerja dengan melindungi luka dari infeksi dan membantu memperbaiki pertumbuhan sel. Tumbuk akar marshmallow kemudian campur dengan sedikit air. Setelah itu letakan pada luka dan bungkus dengan perban. Diamkan selama satu malam dan buka pada keesokan harinya.

4. Yarrow

Yarrow juga dikenal dengan nama Prajurit Woundwort atau Daun Seribu. Tanaman ini telah digunakan sebagai obat luka sejak ribuan tahun lalu dalam pertempuran tentara. Tanaman ini digunakan sebagai antiseptik, analgesik, bahan hemostatik nya (yang membantu menghentikan pendarahan), mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan cedera.
Hancurkan saun yarrow muda kemudian terapkan pada luka, untuk mempercepat proses pengeringan. Sebagai pertolongan pertama, daun yarrow dapat dikeringkan dan dibuat sebagai serbuk yang diawetkan dalam wadah ketat untuk digunakan pada lecet, luka bakar, dan luka rias.

5. Goldenrod

Goldenrod juga dikenal sebagai Solidago, Goldenrod adalah penyembuh luka yang cukup umum. Ia memiliki kualitas yang kuat untuk mengeringkan luka yang mendalam, bahkan luka dalam pertempuran.
Tanaman ini memudahkan dalam mengatasi radang dan infeksi karena didalamnya terdapat senyawa yang kuat yang disebut leiocarposide. Rerebus 3-4 gram herbal ini dan minum dua kali sehari atau seperti yang ditentukan oleh herbalis.
Baca juga: Obat Pengering Luka Akibat Kecelakaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages