Jamur Kurap Pada Anak: Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Jamur Kurap Pada Anak: Penyebab, Gejala dan Pengobatannya


Kurap adalah infeksi jamur umum pada kulit. nama aslinya adalah tinea. Anak-anak dapat terinfeksi kurap dari hewan, orang lain dan tanah. Kurap biasanya mudah untuk diobati.

Penyebab kurap

Kurap disebabkan oleh jamur yang disebut dermatofit. Jamur ini hanya menginfeksi kulit dan tidak menyebar ke dalam tubuh.

Anak-anak paling sering mendapatkan kurap dari hewan, seperti anak kucing, anak anjing dan kelinci. Mereka juga dapat terinfeksi melalui kontak dengan orang yang terinfeksi dan benda-benda yang terkontaminasi, termasuk pakaian dan handuk. Tanah juga dapat mengandung jamur kurap.

Kurap dapat mempengaruhi seluruh kulit pada tubuh. Dengan sebutan yang berbeda tergantung di mana kurap  tubuh. Sebagai contoh, pada batang tubuh itu disebut tinea corporis, dan pada kulit kepala itu disebut tinea capitis.

Gejala kurap

Kurap awalnya muncul pada kulit seperti cincin merah dengan pusat yang jelas, skala dan tepi kental atau timbul. Ini sangat gatal dan secara bertahap bisa menjadi lebih besar. Kadang-kadang menyebar ke daerah lain.

Jika kulit kepala anak Anda terdapat kurap, Anda mungkin melihat lingkaran botak kecil dengan beberapa helai rambut.

Pemeriksaan kurap

Anda harus membawa anak Anda ke dokter jika:
  • ada beberapa luka kurap pada kulit kepala atau tubuh anak Anda
  • luka yang menyakitkan
  • ruam tidak kunjung membaik setelah pengobatan seminggu
  • ruam menyebar meskipun sudah melakukan pengobatan
  • ada lingkaran botak di rambut anak Anda.

Tes untuk kurap

Dokter Anda mungkin menggunakan lampu khusus untuk membantu mendiagnosa kurap, atau mengirim beberapa kerokan kulit  ke laboratorium untuk pemeriksaan.

Pengobatan kurap

Kurap biasanya akan lebih baik ketika Anda mengobatinya dengan krim anti jamur, yang dapat Anda beli di apotek.

Pengobatan kurap dengan krim anti jamur dapat dilakukan satu minggu sampai beberapa minggu. Dokter Anda mungkin menyarankan Anda tetap menggunakan krim untuk kulit yang terkena jamur selama seminggu setelah ruam menghilang untuk mencegah jamur kurap tumbuh kembali.

Jika krim antijamur tidak bekerja pada kulit anak Anda, dokter mungkin meresepkan tablet antijamur. Ini perlu diambil di bawah pengawasan medis.

Usahakan agar anak Anda berhenti menggaruk daerah yang terkena kurap. Ini adalah ide yang baik untuk mencegah penyebaran yang lebih luas.

Konsultasikan dokter hewan Anda untuk perawatan jika hewan peliharaan Anda memiliki lingkaran botak atau luka, karena ini mungkin menjadi penyebab anak Anda terkena kurap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages